Saturday, August 25, 2018

Penerbangan Garuda ke Malang Dialihkan ke Surabaya

Malang: Penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur menggunakan maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia dialihkan ke Bandara internasional Juanda, Surabaya pada Sabtu, 25 Agustus 2018. 

Informasi tersebut didapat Medcom.id dari surat bernomor GARUDA/MLGKK-2024/Aug18 yang ditandatangani langsung oleh Station and Service Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Malang, Bambang Purbogegono.

Dalam surat tersebut tertulis, "Bersama ini kami sampaikan filght GA 290/291 dan GA 292/293 Tanggal 25 Agustus 2018 kami re-route ke Bandara Juanda Surabaya disebabkan mengantisipasi Abu Vulkanik Gunung Semeru,"

"Untuk penanganan penumpang GA 292/GA 293 MLG-CGK kami alihkan ke Bandara Juanda Surabaya menggunakan transportasi darat,"

Saat dikonfirmasi, Pengamat Gunung Semeru Badan Geologi Jawa Timur, Liswanto mengatakan Gunung Semeru identik dengan letusan erupsi. Status gunung setinggi 3.676 Mdpl tersebut saat ini masih level dua atau waspada.

"(Penerbangan dilihkan) bukan karena letusannya. Tapi karena (abu vulkanik) terbawa angin, bukan karena erupsi tapi karena arah angin yang mengarah ke Malang. Otomatis abu nya mengarah ke Malang karena pengaruh angin," katanya.

Liswanto mengaku setiap hari Gunung Semeru selalu meletus, hanya saja arah anginnya yang selalu berubah-ubah. Misalnya, saat arah angin ke Timur, maka wilayah Lumajang yang terdampak letusan tersebut.

"Itu kan tergantung pola anginnya, berubah nya kapan nggak bisa dikira-kira karena faktor angin itu kan berubah berubah. Bisa ke selatan, bisa ke barat, bisa ke timur, setiap jam bisa berubah. Kalau prediksi saya nggak tahu tergantung kapan arah angin akan berubah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Bandara Abdul Rachman Saleh, Suharno mengatakan meskipun adanya aktivitas Gunung Semeru, tidak ada kebijakan penutupan Bandara Abdul Rachman Saleh.

"Ada 14 penerbangan melalui Bandara Abdul Rachman Saleh. Penerbangan lain tetap mendarat dan berangkat dari Malang," jelas Abdul.

(DEN)

Let's block ads! (Why?)

http://jatim.metrotvnews.com/peristiwa/0Kv75m9N-penerbangan-garuda-ke-malang-dialihkan-ke-surabaya

No comments:

Post a Comment